Senin, 09 Januari 2012

Bekas Penembakan Tan Malaka Sulit Diungkap

DEWA NEWS

Bekas Penembakan Tan Malaka Sulit Diungkap

Luka tembak yang menewaskan sang pahlawan nasional, Tan Malaka dapat menjadi salah satu cara mengungkap kebenaran kerangka Tan Malaka. Namun menurut ahli DNA Djadja S Atmadja cara ini terlalu sulit, mengingat jasad Tan Malaka sudah hilang, hanya menyisakan kerangka.

Menurut Djadja, cara ini dapat diidentifikasi jika luka tembak mengenai tulang. Itu pun menurut Djadja jika kondisi tulang masih cukup memungkinkan sebagai sampel identifikasi Deoxyribronukleic Acid (DNA).

"Itu dulu waktu itu sempat ditanya, luka tembak. Kalau orang sudah dikubur lama itu kalau mengenai tulang masih bisa, tapi kalau lewat setahun dua tahun itu jasad akan melunak, tulang-tulangnya pun sudah hancur," ujar Djadja usai menggelar jumpa pers terkait hasil identifikasi DNA Tan Malaka, di Jakarta Pusat, Senin (9/1).

"Sehingga saya tidak mengatakan dia tidak ditembak, jadi karena kita tidak bisa membuktikan karena tulang sudah lunak," lanjut Djadja. Ia mengaku, sebagai ilmuan hanya berusaha mengungkap secara ilmiah membuktikan kebenaran keberadaan jasad Tan Malaka yang masih menjadi miteri.

"Sebagai ilmuan saya hanya menyampaikan apa adanya. Kita mengidentifikasi kebenaran DNA Tan Malaka karena kami menghormati beliau, dia salah satu aset bangsa," ucap Djadja. Namun lanjut Djadja, kesulitan ini menjadi tantangan bagi tim identifikasi Tan Malaka mengungkap kebenaran kerangka pahlawan sayap kiri ini.

"Kami akan berusaha keras untuk mengungkap kebenaran DNA Tan Malaka. Ini menjadi tantangan kami tim identifikasi Tan Malaka," imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar